Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung

081809666554Call Us On

Grand Launching PengMas SKHOLE KPA – ITB #Semangat KPA Berbagi !

Jum’at, 29 Maret 2013| PengMas –Pengabdian Masyarakat- merupakan salah satu program kerja andalan dari Divisi Pengmas-Bidang External BP 41 KPA – ITB. Nah, temen-temen ada yang belum tau PengMas  ngapain aja? Atau jangan-jangan baru tau kalau ada PengMas ya? Parahnya nih, jangan-jangan baru tau ada Divisi PengMas?  Eits, becanda kok, saya yakin dan percaya kalian pada tau,hehe. Jadi, di PengMas itu kegiatannya memberikan pengetahuan bermain musik angklung kepada anak-anak dan masyarakat yang masih awam dalam bermain angklung.

29 Maret merupakan grand launching PengMas -bekerja sama dengan SKHOLE-  yang dilaksanakan di Panti Asuhan Wisma Putra Binaan Kota Bandung yang beralamatkan di Ciumbeluit. Berbekal semangat dan tujuan yang mulia, sekelompok pemuda-pemudi KPA bersama-sama berangkat dari markas besar (baca:rulat) dengan membawa senjata (baca lagi: angklung). Dan awal kisah perjalanan panjang  itu pun dimulai …..

Kegiatan PengMas yang dikomandani oleh super woman dan berhati mulia, teteh Anasya Arsita Laksmi, (panggilan: Kak Nasya) berawal dari sebuah angkutan kota (angkot) yang disewa dengan kesepakatan harga Rp30.000,00 (setelah tawar menawar selama ±4 menit). Masing-masing dari kita satu-persatu menaiki angkot bersejarah tersebut sambil memeluk senjata yang dibawa masing-masing. Setelah menempuh perjalanan dari Kampus-Ciumbeluit selama ± 10 menit, akhirnya kita sampai ditempat tujuan.

Sesampainya di sana, kita disambut dengan ramah oleh tuan rumah. Sambil istirahat sejenak di ruangan yang telah disediakan, tak terduga anak-anak satu-persatu datang. Terlihat sekali antusiasme yang luar biasa di pancaran mata mereka (lebay dikit,hehe). Setelah semua anak berkumpul dan duduk dengan rapi, akhirnya Kak Nasya dan Kak Chaikal membuka kegiatan grand launching PengMas KPA ITB dan kemudian dilanjutkan dengan peminjaman angklung oleh akang teteh kepada adik-adik. Lagu yang akan dimainkan adalah lagu “Halo-Halo Bandung”, tentu sebuah lagu yang tak asing lagi ditelinga kita.

Pengmas SKHOLE 1

Pengmas SKHOLE 2

Pada awalnya mereka dilatih bagaimana caranya memegang, membawa, “mengklurung”, dan “mencentok”  angklung dengan baik dan benar. Memang  bagi anak-anak yang notabene “pemula” memang  sulit, namun akhirnya mereka bisa memainkan angklung dengan baik dibantu sama akang teteh yang dengan sabar mengajari mereka  J. Dan kemudian  sang pelatih, Kak Chaikal, dengan semangat membara dalam tongkatnya melanjutkan ke bagian yang paling ditunggu-tunggu, memainkan lagu “Halo-Halo Bandung” dengan angklung. Pertitur pun telah terpasang di dinding. akang teteh telah siaga berbaur dengan adik-adik untuk membantu apabila mereka kesulitan dalam bermain. Semuanya telah berada dalam posisinya masing-masing. Anak-anak dengan gembira memainkan lagunya meskipun sulit. Namun, setelah beberapa belas kali pengulangan akhirnya mereka bisa dimainkannya dengan lumayan baik. Dan akhirnya  latihan untuk hari itupun selesai, terlihat anak-anak sangat gembira sekali setelah mereka tahu bahwa mereka berhasil memainkan lagunya, tentu saja akang tetehnya pun ikutan bahagia melihat senyum di bibir mungil mereka. Semangat KPA Berbagi !!!!

(Reported by Fikri Rozi, Staff Divisi Kominfo)