Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung

081809666554Call Us On

Wisuda ITB – April 2014

Hari Jum’at, 11 April 2014 dan Sabtu, 12 April 2014 merupakan dua hari yang cukup bersejarah bagi beberapa mahasiswa ITB. Pada kedua hari tersebut, sebagian mahasiswa ITB melepaskan status mereka sebagai mahasiswa kampus Ganesha tersebut dengan cara terhormat. Ya, dalam dua hari itu, Bapak Rektor ITB meluluskan (me-wisuda) mahasiswa ITB yang berasal dari S2 dan S3 (11/4/2014) serta mahasiswa S1 (12/4/2014).

Dalam acara yang berlangsung mulai dari pukul 08.00WIB sampai 11.00 WIB tersebut, salah satu unit kebudayaan mahasiswa  yang berkiprah di kancah perangklungan, yaitu Keluarga Paduan Angklung (KPA) juga turut berpartisipasi menjadi pengisi acara Wisuda April tersebut. KPA memang sudah sejak lama menjadi langganan pengisi acara-acara rektorat semacam ini. Seperti biasa, KPA (selalu) didapuk untuk membawakan lantunan musik “Also Sprach Zarathustra” yang telah digubah sesuai dengan perkembangan zaman untuk mengiringi kedatangan Bapak Rektor ITB beserta rombongan ketika memasuki Auditorium Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Selain lagu wajib tersebut, KPA juga berkesempatan memainkan lagu “Medley The Beatles”  untuk mengiringi rangkaian acara “Pengucapan Selamat Kepada Para Wisudawan S2 dan S3″. Penampilan KPA tersebut diikuti oleh beberapa anggota KPA yang terdiri dari berbagai macam fakultas, jurusan, dan angkatan serta tentu saja anggota yang masih menyandang status mahasiswa ITB.

Acara rektorat seperti ini, tidak hanya mendapuk KPA untuk menjadi pengisi acaranya, melainkan juga unit Paduan Suara Mahasiswa ITB juga. Pada wisuda pada hari Sabtu, kembali kedua unit ini harus menampilkan kebolehannya di depan para wisudawan S1 dan para keluarganya. Lagu yang dibawakan KPA tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya untuk lagu pengiring kedatangan rektor. Hanya saja untuk lagu tambahan, kali ini KPA memainkan lagu “Mamma Mia” yang dibawakan dengan kreasi yang sangat menarik. Acara wisuda untuk S1 ini memang suasananya terasa lebih ramai dibandingkan dengan hari sebelumnya lantaran di area pelataran depan Sabuga sudah banyak mahasiswa yang akan menjemput kakak-kakak wisudawannya untuk diarak keliling ITB sebagai penghormatan terakhir sebagai mahasiswa kampus Ganesha.

Seringnya undangan untuk tampil di acara rektorat ini tidak membuat KPA berbesar diri dan terlanjur berbangga karena pada setiap penampilannya selalu disajikan hal baru dan gubahan lagu-lagu yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Meskipun alat musik yang dipakai adalah alat musik tradisional, tapi memang justru inilah yang ingin ditunjukkan sebagai rasa cinta terhadap kesenian daerah sendiri. Institut Teknologi Bandung sendiri juga cukup kooperatif dengan membantu menjaga kelestarian angklung dengan selalu menjadikan KPA salah satu pengisi acara wajib di setiap acara yang diadakan.

Untuk melihat lebih lanjut keberjalanan penampilan KPA pada kedua acara besar rektorat ITB pada bulan April 2014 ini, silakan melihat pada bagian di bawah ini. Tak lupa kami lampirkan beberapa foto para pemain angklung dan altam (alat tambahan) yang ikut terlibat dalam suksesnya penampilan tersebut. Dan jangan lupa nantikan penampilan Keluarga Paduan Angklung ITB selanjutnya.

wisjum 11-4-2014 (onstage)

            Foto 1. Pemain Angklung pada Wisuda S2 dan S3 ITB Jumat, 11 April 2014 Saat Berada di Stage

wisjum 11-4-2014 (backstage)

Foto 2. Cuplikan Keceriaan Pemain Angklung pada Wisuda S2 dan S3 ITB Jumat, 11 April 2014 Saat Berada di BackStage

Also Sprach Zarathusthra – KPA ITB – Wisuda S2 dan S3 ITB Jumat, 11 April 2014

[youtube id="L7OvJ6314xw&feature=youtu.be"]

Medley The Beatles - KPA ITB – Wisuda S2 dan S3 ITB Jumat, 11 April 2014

[youtube id="0j92xbRGz90&feature=youtu.be"]

 

wissab 12-4-2014 (backstage)

Foto 3. One Moment Behind The Stage – KPA ITB @Wisuda S1 ITB Sabtu, 12 April 2014

Also Sprach Zarathusthra – KPA ITB – Wisuda S1 ITB Sabtu, 12 April 2014

[youtube id="ZNYy4SnPqi8&feature=youtu.be"]

Mamma Mia – KPA ITB – Wisuda S1 ITB Sabtu, 12 April 2014

[youtube id="8oMuKyvXJCE&feature=youtu.be"]