Keluarga Paduan Angklung Institut Teknologi Bandung

081809666554Call Us On

Seminar Geopoint ITB 2014

Seminar “Geopoint” yang diselenggarakan di Aula Barat Kampus Institut Teknologi Bandung  ini merupakan sebuah seminar yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Geodesi ITB (IMG-ITB) dalam rangkaian acara dwi-tahunan GEOPOINT 2014 yang bertujuan untuk memperkenalkan aspek ilmu Geodesi kepada masyarakat umum dengan cara mengangkat isu-isu peran geodesi untuk Indonesia. Acara yang memiliki konsep mengkaji berbagai dimensi spasial di udara, laut, dan darat tersebut menghadirkan empat pembicara ahli untuk membantu masyarakat memperkaya wawasan tentang implementasi keilmuan geodesi dan geomatikanya. Keempat pembicara tersebut adalah Dr. Ir. Yusuf Surachman Djajadiharja, M.Sc. (Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial BIG); Ir. Dody Ruswandi, MSCE. (Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB); AIFDR (Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction); dan Prof. Dr. Ketut Wikantika, M. Eng., Ph.D. (Ketua Kelompok Keilmuan Inderaja dan Sistim Informasi Geografis).

Acara seminar yang sangat menarik tersebut sebenarnya hanya satu dari beberapa rangkaian acara GEOPOINT 2014 yang meliputi Ceremony, Geospatial Challenge, Navigacity, Geodesy Goes To School, dan seminar itu sendiri. Rangkaian acara tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak 24 Maret 2014 dan akan berakhir pada 26 April 2014. Nah seminar ini sendiri diselenggarakan pada hari Kamis, 24 April 2014. Seminar yang dilaksanakan selama hampir 4,5 jam ini tidak hanya menghadirkan pembicara-pembicara handal sebagai pengisi acara, melainkan juga ada sub-acara pentas seni yang menghadirkan performance Keluarga Paduan Angklung ITB untuk memeriahkan acara.

KPA ITB dalam acara seminar Geopoint tampil sebagai pembuka acara dengan membawakan dua buah lagu, yaitu “Peyeum Bandung” dan “What A Wonderful World”. Kedua lagu yang dibawakan tersebut dipilih berdasarkan permintaan panitia acara itu sendiri. Dengan dibawakannya kedua lagu tersebut, pada dasarnya terdapat dua buah pesan yang sangat tersirat yang hendak disampaikan yang berkaitan dengan acara tersebut. Pertama, lagu “Peyeum Bandung” seolah mengingatkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar (dalam hal ini adalah Jawa Barat). Lagu yang kedua yaitu “What A Wonderful World” mengisyaratkan pesan bahwa dunia ini begitu indah dan hendaknya kita merawat kelestariannya dengan berbekal ilmu pengetahuan seperti Geodesi.

Dalam acara seminar tersebut, KPA hanya mengirimkan satu kelompok pemain angklung karena memang hanya dua lagu yang dimainkan. Akan tetapi, pada dasarnya satu kelompok tersebut sudah cukup menghipnotis penonton untuk lebih bersemangat untuk mengikuti rangkaian acara seminar tersebut. Apalagi dengan senyuman manis yang selalu ditampilkan setiap pemain angklung saat memainkan kedua lagi tadi membuat semangat pagi untuk memulai sebuah seminar dirasa semakin cukup. Nah, begitulah secuplik cerita kemeriahan rangkaian acara GEOPOINT yang semakin ramai dengan adanya penampilan KPA ITB. Jadi, jangan lupa nantikan kehadiran KPA di tempat-tempat yang lain.

 

Geopoint KPAGambar 1. Tim Penampilan KPA ITB di Acara Seminar Geopoint 2014

Peuyeum Bandung – KPA ITB – Geopoint ITB 2014 – 24 April 2014

[youtube id="dVT-1x8s8wY&feature=youtu.be"]

What A Wonderful World – KPA ITB – Geopoint ITB 2014 – 24 April 2014

[youtube id="4fg4nEZzm3g&feature=youtu.be"]